-->

MEMBACA MEMBUKA JENDELA DUNIA

MEMBACA MEMBUKA JENDELA DUNIA - Pada era globalisasi ini, kegiatan membaca merupakan hal yang sangat penting dalam mengakses dan memperoleh arus informasi. Melalui kegiatan membaca, kita akan menemukan hal-hal yang belum kita ketahui kemudian menjadi suatu pengetahuan dan merambah menjadi ilmu pengetahuan.

Buku adalah jendela dunia. Membaca adalah kuncinya. Pepatah tersebut tidaklah asing bagi kita dan telah sering kita dengar secara turun temurun. Artinya, bahwa kegiatan membaca akan membuka wawasan. Selain itu, pengetahuan kita pun akan semakin bertambah. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, selain buku, yang dapat dijadikan sumber bahan bacaan adalah internet, koran, majalah, tabloid, dsb. Membaca melalui  internet dan berbagai macam buku akan mejadikan kita sebagai manusia yang selalu ingin tahu, banyak tahu, serta menjadi manusia yang berpengetahuan dan intelek.

Kegiatan membaca dapat meningkatkan pemikiran dan pemahaman kita terhadap konsep tentang apa yang tertulis. Membaca dengan cara sungguh-sungguh akan menjernihkan pikiran kita untuk mampu berpikir kritis, kreatif, dan mampu menyerap ilmu pengetahuan. Selain itu, kita dapat menguasai berbagai macam kosa kata dan kalimat sehingga dapat membatu mengembangkan kefasihan dalam bertutur kata. 

Tanpa membaca, bangsa ini akan tumpul. Pola pemikiran kita tidak akan berkembang. Pemikiran yang luas dapat diperoleh dengan cara membaca. Berkembangnya pemikiran dan peradaban dapat menjembatani suatu bangsa dalam menjawab segala tantangan kehidupan dan menguasai dunia.

Semakin banyak bangsa ini yang memberdayakan kegiatan membaca, maka akan banyak pula bangsa kita yang berintelektual dan berkualitas. Karena, kegiatan membaca merupakan kegiatan yang mencerminkan seseorang memproduksi ilmu pengetahuan. Bangsa yang gemar membaca menunjukkan peningkatan peradaban dan perubahan menuju masyarakat yang berwawasan luas.


Septiaji, (2014: 07) menyampaikan, bahwa salah satu untuk memperoleh perubahan adalah dengan membaca, sedangkan untuk melakukan perubahan adalah dengan menulis. Bertemali dengan hal tersebut di atas, bahwa pengetahuan dan ilmu pengetahuan hasil membaca dapat dijadikan suatu upaya dalam menciptakan perubahan ke arah kemajuan bangsa. 

Sebagai upaya dalam memperoleh perubahan, kegiatan membaca yang dapat membangun pengetahuan dan ilmu pengetahuan pun dapat membuka wawasan intelek dunia, mencerdaskan akal dan pikiran, serta mengubah masa depan bangsa ke arah yang lebih cerah.



 

2 Komentar untuk "MEMBACA MEMBUKA JENDELA DUNIA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel