-->

PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN - Pendidikan dan kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat serta mempunyai peran yang sangat penting diyakini bahwa pendidikan bersifat konservatif yaitu mempertahankan keadaan untuk mengekalkan kebudayaan serta merintis jalan untuk melakukan perubahan kebudayaan.

Menurut Sukardjo dan Komarudin, pendidikan adalah kumpulan dari semua proses yang memungkinkan seseorang mampu mengembangkan seluruh (potensi) atau kemampuan yang dimilikinya, sikap dan bentuk perilaku yang bernilai positif di masyarakat tempat individu yang bersangkutan ada.


Kemampuan atau potensi yang ada dalam diri manusia itu merupakan segala sesuatu yang menghasilkan suatu karya. Kebudayaan akan dikembangkan manusia melalui  jalan pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan dan kebudayaan sangatlah penting karena akan mengembangkan dan melakukan perubahan terhadap suatu kebudayaan dan membentuk budaya baru yang disebut kebudayaan populer disamping budaya yang lama.

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan akal, atau hasil cipta rasa dan karsa. Dalam kebudayaan menghasilkan suatu karya seni yang bernilai estetis. Peran pendidikan dalam mempertahankan dan melestarikan kebudayaan adalah dengan mengaplikasikan nilai budaya di lingkungan sosial sehingga kebudayaan tetap bernilai dan terjaga.


 

5 Komentar untuk "PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel