-->

TEKNIK PEMBELAJARAN MARKET PLACE DALAM PEMBELAJARAN MERANCANG TEKS PROSEDUR SESUAI DENGAN BIDANG PEKERJAAN

TEKNIK PEMBELAJARAN MARKET PLACE DALAM PEMBELAJARAN MERANCANG TEKS PROSEDUR SESUAI DENGAN BIDANG PEKERJAAN - Market Place adalah teknik pembelajaran seperti kegiatan di pasar, siswa melakukan aktivitas jual beli informasi. Teknik pembelajaran Market Place dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Di dalam kelompok siswa di pecah kelompok lagi sehingga terdapat kelompok siswa penjual informasi dan kelompok siswa pembeli informasi. Informasi yang diperjualbelikan adalah materi yang dipelajari pada hari itu dan tentunya sesuai dengan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan. Tujuan dari Teknik pembelajaran Market Place ini agar siswa memiliki rasa tanggungjawab ketika mencari informasi, mampu berbicara dengan baik dan benar pada saat mempromosikan hasil kajiannya, dan belajar menyimak atau mendengarkan orang lain yang sedang berbicara.

Tahapanan Pelaksanaan Teknik Pembelajaran Market Place Dalam Merancang Teks Prosedur Sesuai Dengan Bidang Pekerjaan
  1. Siswa di bagi kelompok secara heterogen. Setiap kelompok mempersiapkan infromasi yang akan dijual (pokok/sub pokok adalah hasil pembagian guru atau bisa juga siswa yang menentukan sendiri, masing-masing kelompok harus berbeda kontennya). Pada tahap ini siswa berdiskusi, mengamati, menanya, mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui referensi yang akurat dan membuat teks prosedur sesuai dengan bidang pekerjaan.
  2. Barang yang dijual harus menarik, artinya siswa membuat teks prosedur sesuai dengan bidang pekerjaan bisa menggunkan mind map atau peta konsep, desain gambar dll). Siswa mengasosiasi dan mengomunikasikan hasil eksplornya melalui produk seperti mind map, desain gambar, dll.
  3. Kemudian, setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan kelompok pembeli) Kelompok penjual menjelaskan informasi produknya secara detail yaitu tentang isi atau informasi yang terdapat dalam teks prosedur sesuai dengan bidang pekerjaan yang telah di buat. Kelompok pembeli mendengarkan penjelasan, mencatat, dan menilainya.
  4. Pembeli akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit). Pembeli mengunjungi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual. Ini harus dicatat karena pembeli ini harus menjelaskan kepada penjual di kelompoknya.
  5. Pembeli menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompoknya. Lalu menjelaskan hasil kunjungan kepada penjual dikelompoknya. Pembeli dan penjual menilai kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjungi.
  6. Refleksi
Catatan: apabila masih ada waktu tambahan, guru dapat menambahkan kegiatan ini dengan cara siswa mempresentasikan atau menjelaskan informasi yang di dapat kepada kelompok yang lain. Setiap kelompok memberikan penilaian kepada kelompok yang presentasi.




 


Adapun bahan yang harus dipersiapkan dalam Pembelajaran Merancang Teks Prosedur Sesuai Dengan Bidang Pekerjaan Menggunakan Teknik Pembelajaran Market Place:

  1. Barang yang akan dijual harus menarik, seperti: mind map, desain gambar, dll.
  2. Stan penjual
  3. Laporan hasil kunjungan
Itulah pelaksanaan teknik pembelajaran Market Place dalam merancang teks prosedur sesuai dengan bidang pekerjaan. Dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknik ini siswa harus dibiasakan untuk membaca materi dengan berbagai macam referensi. Diusahakan membuat teks prosedur dengan desain yang menarik, seperti mind map, gambar, dan lain-lain.


Belum ada Komentar untuk "TEKNIK PEMBELAJARAN MARKET PLACE DALAM PEMBELAJARAN MERANCANG TEKS PROSEDUR SESUAI DENGAN BIDANG PEKERJAAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel